Wednesday, May 6, 2009

Blackberry............

artikel 1
BlackBerry atau sering disingkat BB, smartphone asal Kanada buatan Research In Motion (RIM) telah membuat kecanduan para penggunanya di seluruh dunia. Sampai-sampai, Presiden AS Barack Obama pun tak rela melepaskan diri dari gadget kesayangannya itu.
Koran New York Times Edisi 15 Desember 2008 memasang foto Obama dengan ukuran yang besar saat memegang BlackBerry. Kontan saja hal tersebut mengguncang dunia. Sejak ekspos aktifitas itu, demam BlackBerry yang tengah menyerang seluruh dunia, seakan makin menemukan justifikasi.
Demam BB, ternyata juga menyerang Indonesia. BB tidak hanya menjadi gadget pilihan kaum profesional, namun juga kalangan artis. Banyak artis ibukota yang dengan bangga menenteng BB. Bukan hanya untuk pamer, karena fitur BB yang dicari. Push Email yang mengantarkan email secepat SMS menjadi kebutuhan dasar profesional. Buat artis, chatting lewat BB makin menjadi aktivitas wajib.
Reni Sutiyoso salah satu korbannya. Semenjak menggunakan BB jenis Javeline, putri dari mantan Gubernur DKI Sutiyoso yang juga pengusaha ini semakin jarang menelpon. Ia lebih sering berhubungan dengan teman-temannya dengan cara chatting.
"Kadang-kadang walaupun ngumpul dengan teman-teman, tapi pada sibuk sendiri dengan BB masing-masing," terangnya saat launching buku BlackBerry for Everyone, di Gramedia Grand Indonesia, Jumat (17/4) malam.
Buku yang ditulis Muhammad Sufyan, seorang jurnalis ekonomi di harian bisnis, itu mengupas seluk beluk BlackBerry hingga menyihir banyak orang di dunia. Buku tersebut berisi mengenai sejarah, cerita para pengguna, sampai tips and trik mengoptimalkan BB.
Buku tersebut juga berusaha mengungkap fenomena BB dalam kehidupan. Misalnya munculnya pijat khusus pengguna BlackBerry yang dibuka di Hotel Hyatt Chicago. Layanan pijat yang diberi nama Blackberry Thumb itu muncul karena banyak pengguna BB yang mengeluh ibu jarinya sakit. Pijat yang menggunakan BB balm ini, berlangsung selama setengah jam. Selain area jempol, pijatan unik itu diarahkan ke wilayah pergelangan tangan yang menjadi sandaran gengaman.
Rupanya terlalu sering menggunakan BB bukan tanpa resiko, ibu jari pun dapat mengalami cidera. Seperti yang dikutip dari BBC, keypad pada prinsipnya tidak cukup fleksibel sehingga penggunaan yang berkali-kali dapat mengakibatkan kerusakan tandon jempol. BB sangat memungkinkan hal tersebut sehingga sebaiknya pengetikan dibatasi 50 kata saja.
Masih banyak pengaruh BB dalam mengubah gaya hidup modern. Bukan tidak mungkin sepasang kekasih yang tengah dimabuk asmara pun bisa-bisa saja bakal diam seribu bahasa meski berhadapan di meja kafe karena asyik berkomunikasi lewat BlackBerry. Bagaimana dengan Anda?

artikel 2
Blackberry kini telah menjadi gaya hidup di tengah masyarakat. Namun, informasi mengenai smartphone ini masih terbilang minim. Bahkan, operator telekomunikasi juga kurang memberikan informasi seputar Blackberry.
"Peran operator belum banyak memberikan informasi kepada pembeli. Bleckberry kan ternyata tidak se-simple itu. Belum banyak info megenai how to register. Buat orang yang mengerti gadget mungkin tidak ada masalah. Tetapi bagi orang awam kan mereka tidak mengerti," kata Moderator Blackberry Community Faizal Adiputra, di Jakarta, Kamis ( 22/4 ).
Padahal, banyak problem yang dialami pemegang Blackberry, seperti sinyal lemah, aplikasi yang cocok, melakukan up date, dan sebagainya.
Lebih jauh ia memaparkan tips dan trik untuk penyelesaian problem Blacberry. Pertama, pengguna Blackberry dapat menghubungi operator. Baik melalui call center, customer service, email, atau datang langsung ke galery center operator.
Kedua, langsung menuju ke distributor atau partner Blackberry. Atau ketiga, melalui berbagai komunitas yang dikembangkan, seperti BLackberry Community.
"Pengguna blackberry dapat menghubungi kami melalui blackberry@yahoogroups.com . Kami akan bantu 24 jam untuk menyelesaikan masalah. Itu kita tidak ada kerjasama dengan dibayar oleh operator. Ini free of charge bisa join ke kita," ujarnya.

artikel 3
Hingga kini, informasi mengenai Blackberry memang masih minim kendati smartphone ini mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan di Indonesia. Karena itu, tidak heran bila masih banyak pengguna Blackberry yang awam menghadapi berbagai problem yang seringkali timbul.
Moderator Blackberry Community Faizal Adiputra mamaparkan sederet tips dan trik terkait pengoperasian Blackberry. Pertama, pengguna Blackberry harus menentukan secara tepat device dan operator yang akan digunakan. "Calon pengguna Blackberry harus menentukan device dan operator yang cocok. Pilih operator yang sinyalnya paling kuat di dekat tempat tinggal," papar Faizal, di Jakarta, Kamis (24/4).
Kedua, mengoptimalkan pemakaian baterai. Hal ini dapat dilakukan dengan bebagai cara. Antara lain, menggunakan sound yang minimal dalam profil, selalu mengunci device dan menggunakan time out untuk menghemat baterai, serta rutin melakukan up date device.
Ketiga, mengoptimalkan memori. "Minimal sehari sekali restart baterai. Buka baterai dan pasang kembali. Ini mengantisipasi agar memori tidak cepat habis dan terhapus dengan sendirirnya," ujarnya.
Selain itu, lanjutnya, untuk menghemat memori dapat dilakukan dengan menghapus ragam bahasa yang terinstal dalam Blackberry. "Itu menghabiskan memori, jadi hapus saja. Kan bahasa yang terisntal macam-macam, ada Korea, Inggris, dan sebagainya," tuturnya.
Keempat, pengguna Blackberry perlu melakukan penghematan pemakaian akses internet bila berada di luar negeri. Sebab, berada di daerah roaming akan menyebabkan tagihan pulsa membengkak. Karena itu, pengguna Blackberry dapat menggunakan akses WiFi atau akses internet gratis.
Menurutnya, mengirim data dan foto dari luar negeri adalah haram hukumnya. Sebab, segala hal yang dikirim melalui Blackberry tidak dikompres terlebih dahulu. Ia menambahkan, pengguna juga dapat melakukan konfirmasi kepada operator yang digunakan untuk mencari informasi terkait roaming partner. "Sebelum berangkat ke luar negeri, tanya ke operator, apa roaming partner yang murah," ujarya.
Kelima, Faizal menyebut perlunya melakukan back up data secara intensif. "Back up data bisa di komputer atau secara online. Kalau Blackberrynya hilang, jadi masih ada back up data," paparnya...

artikel 4
Kini daftar kontak Blackberry dan teman-teman di Facebook Anda akan segera berintegrasi. Foto profil teman Facebook Anda pun bisa sesuka hati Anda jadikan sebagai foto kontak di BlackBerry Anda sendiri. Hal tersebut diumumkan dalam bentuk siaran pers kepada CNET kemarin (Selasa, 21/4) oleh Research In Motion (RIM).
RIM merilis versi terakhir aplikasi 'Facebook untuk Blackberry', yaitu versi 1.5. Selain mengintegrasikan kontak informasi di Blackberry Anda dengan kontak foto di halaman Facebook yang Anda miliki, pabrikan Blackberry tersebut juga menyiapkan aplikasi lainnya untuk memudahkan Anda ber-Facebook ria. Aplikasi kontak
Mengunduh versi 1.5 ini, Anda akan mudah membuat update atas semua kontak informasi. Sebutlah misalnya, meng-update foto yang sudah lebih dulu hadir di dalam daftar kontak Blackberry Anda dengan kontak foto di kotak Profil Teman di halaman Facebook Anda. Penggabungan itu juga dapat Anda kerjakan secara manual di halaman Facebook Anda. Caranya, klik nama teman Anda. Di layar halaman ini, Anda bisa memesan nomor kontak teman-teman Anda dan sekaligus memintanya menampilkan kontak informasi Blackberry mereka masing-masing. Maka kini, daftar kontak di Blackberry dan teman-teman di Facebook Anda akan segera berintegrasi. Foto profil teman di Facebook pun bisa semau Anda untuk dijadikan pula foto kontak di BlackBerry milik Anda sendiri. Aplikasi pesan
RIM juga telah mengintegrasikan kotak pesan dan status update Facebook Anda ke dalam BlackBerry. Dengan aplikasi ini, perbincangan-perbincangan Anda pun kini akan diperlihatkan sebagai bentuk obrolan instant messaging (IM), dan sebaliknya juga sebagai sebuah pesan di kotak pesan Blackberry Anda. Cobalah kirim pesan langsung, beberapa menit berselang pasti pesan itu akan muncul di kotak pesan Blackberry Anda.Aplikasi kalender
RIM seolah tak ingin membuat Anda lepas dari 'Blackberry-Facebook' di setiap waktu yang Anda lalui. Bahkan, tanpa perlu mengakses Facebook, kealpaan Anda mengingat hari ulang tahun seorang teman di Facebook pun sudah dijaga oleh keduanya. Ya, karena kalender Facebook pun kini hadir pula di Blackberry milik Anda.Dus, selama Anda memang bergiat di Facebook, versi 1.5 akan secara otomatis membuat plot kalender ulang tahun dan acara-acara yang tertera di kalender Facebook Anda. Semua data update, seperti halnya Anda tengah melihatnya di halaman Facebook Anda. Dalam siaran persnya kepada CNET (21/4), RIM mengatakan bahwa update terakhir versi ini tengah diperbanyak dan diperbaharui di Perancis, Italia, Jerman, Portugis, Belanda, Polandia, Rusia, China, Jepang, serta Korea. Sementara untuk Anda yang ingin mencoba, silahkan mengunduhnya di mobile.blackberry.com via mobile browser atau dari www.blackberry.com/go/facebook.

sumber www.kompas.com

No comments:

Hoiii !!!! INGAT TAU !!!

Hoiii !!!! INGAT TAU !!!
"Saya memerlukan sokongan 1.2 juta penjawat awam. Sekiranya anda mahu dibayar gaji yang lebih baik di masa depan, saya perlu mengukuhkan asas perolehan kerajaan kerana kalau tidak, dari mana saya akan dapat wang untuk membayar penjawat awam?"- petikan kenyataan Najib Razak yang mengaku tiada idea lain utk nak bayar gari penjawat awam melainkan kenakan cukai kepada semua rakyat..Pada masa yang sama Kerajaan BN mahu mengurangkan cukai syarikat/cukai koparat..Pada 1988 cukai koparat adalah 40%..tetapikini telah dikurangkan kepada 25%..

Tapak-Tapak di Apadianie sejak 24 Mac 2009